Base Makeup, Face Product, Makeup

[Review] NYX Total Control Mesh Cushion Foundation

Hi Guys!

Kali ini aku pengen nge-review mengenai cushion yang lumayan lagi hype banget dikalangan influencer Indonesia. Yap! Cushion dari NYX ini yang bernamakan NYX Total Control Mesh Foundation ini lagi booming banget di Instagram karena para NYX’s influencer lagi getol-getolnya mempromosikan produk ini.  Dengan klaimnya yang mengatakan bahwa cushion ini memiliki coverage yang full dan juga range shade yang banyak untuk wanita Asia, akupun tertarik untuk memilikinya.

 

Sebelumnya aku baru dua kali pakai cushion dari dua merk yang berbeda yakni Estee Lauder Double Wear Cushion (klik pada tautan untuk membaca reviewnya) dan Laneige. Dari dua cushion ini aku suka dengan Estee Lauder karena warnanya cukup masuk untuk skin tone kulitku yang gelap. Nah karena NYX menyajikan banyak warna dan cocok dengan warna kulitku, membuat aku semakin penasaran dengan cushion ini.

 

Nah dibanding bertele-tele, yuk kita mulai reviewnya untuk mengetahui apakah cushion ini beneran sebagus itu

 

Packaging NYX Total Control Mesh Cushion Foundation

Packaging dari cushion ini relatif sama dengan cushion-cushion lain. Cushion ini memiliki packaging dari plastik sehingga kemasannya tidak berat dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Yang aku sadari adalah bentuknya lumayan tipis sehingga bisa diselipkan dengan mudah di dalam tas.

 

Bagian tengah NYX Total Control Mesh Cushion Foundation

 

Nah sama seperti cushion-cushion lainnya, cushion ini ketika dibuka akan ada dua layer di dalamnya. Layer pertama berisikan tempat puff berwarna hitam dengan tulisan NYX di atasnya, dan di bagian bawah barulah kita akan menemukan cushionnya. Kaca pada layer pertama menurut aku cukup besar sehingga mempermudah kita untuk melakukan makeup atau touch up ketika sedang berada di jalan.

 

Bentuknya yang terbuat dari jaring-jaring membuat unik cushion ini

 

Yang bikin membedakan dari cushion yang pernah aku coba sebelumnya, pada bagian tengah (atau bagian cushion) bukan beralaskan seperti sponge gitu, melainkan seperti jaring-jaring bentuknya. Menurutku dengan menggunakan jaring-jaring ini ada plus dan minusnya. Plusnya adalah produk tidak banyak terserap ke dalam sponge penyimpanan cushion. Jadi kita akan mendapatkan produk yang lebih banyak dibandingkan dengan cushion dengan tempat penyimpanan berbentuk sponge. Nah tapi ada minusnya, ketika dibuka produk seakan meluber kemana-mana. Kita akan melihat pada pinggirannya produk seperti bleber dan akan terkesan seperti kotor.

 

Puff

Aku tidak begitu menyukai puff yang diberikan oleh NYX ini. Kenapa? Dari dua cushion yang pernah aku pakai, puff dari NYX Total Control Mesh Cushion Foundation ini terasa kaku dan tidak fleksibel. Agak susah untuk mengaplikasikan produk pada sudut-sudut wajah. Selain itu menurut aku puff ini kurang bisa nge-blend produk dengan baik. Sebenarnya bisa tapi harus perlahan-lahan. Jika sedang terburu-buru menurut aku lebih baik kamu memakai beauty blender saja untuk nge-blend produknya.

 

Shade

Satu hal yang ngebuat aku jatuh hati pada pandangan pertama dengan NYX Total Control Mesh Cushion Foundation ini adalah rangkaian shade-nya yang beragam. Ada 10 shade yang katanya sesuai dengan range kulit Asia. Oh ya! Fun fact, cushion ini cuma ada di Asia loh katanya. Untuk shade lengkapnya, kalian bisa cek di instagram NYX ya.

 

Untuk shade yang aku pakai adalah classic chesnut atau yang warna 8. Kalau dibandingkan dengan seri Estee Lauder yang aku pakai maka aku akan memakan shade Tawny, tapi menurutku agak sedikit lebih gelap dibandingkan Tawny. Tonenya sesuai banget sama tone kulitku dan hasil finishnya juga sama bangetttt. Aku nggak tau apakah ini oxidise atau nggak tapi yang jelas aku merasakan kalau warna ini tuh jadinya oke banget dikulit aku. Tapi kayanya sih sedikit oxidise tapi nggak begitu beda dengan pertama kali diaplikasikan.

 

Scent

Haduh! ini aku suka banget baunya. Awalnya aku kaya mikir, ini tuh kaya bau apa ya, kaya unik gitu. Setelah aku cium-cium dan memakainya beberapa lama, akhirnya aku menyadari bahwa ini tuh kaya bau kacang! Bener-bener sesuai dengan serinya yang classic chesnut. Tapi tenang aja, untuk wangi kacangnya bukan wangi yang mengganggu dan menyengat, sungguh sangat tolerable kok wanginya. Untuk seri lain apakah baunya juga kacang atau tidak, aku kurang tau. Karena kemarin aku tidak sempat mencium wanginya untuk seri-seri lainnya.

 

Tekstur

Teksturnya foundation banget sih menurut aku dibandingkan dengan BB atau CC cream yang biasanya terdapat di dalam cushion Korea. Konsistensinya cukup kental dan tidak cair, jadi tidak heran jika cushion ini memiliki coverage yang bisa dibilang full.

 

Teksturnya kental dan tidak cair

 

Review

 

Sebelum dan sesudah diaplikasikan

 

Aku suka dengan cushion ini! Ketika aku pakai hasilnya kaya benar-benar nge-cover jerawat dan bekas jerawat aku. Hasil  akhirnya keliatan banget kaya pakai foundation yang full coverage, jadi menurut aku cushion ini sangat cocok untuk digunakan acara yang formal dibandingkan dengan daily makeup. Walaupun full coverage, menurut aku cushion ini nggak kerasa berat sama sekali dan tidak terasa cakey. Cenderung enteng jika dibandingkan dengan teksturnya.

 

Untuk finishnya, menurut aku cushion ini nggak terlalu matte ya, jadi kaya agak semi-matte. Cocok juga untuk kulit kalian yang kering jadi tidak terasa ketarik. Nah untuk hasil yang lebih matte, biasanya aku akan menggunakan bedak tabur dibagian-bagian yang mau aku buat matte.

 

Untuk ketahananya, aku cukup puas sih. Dalam 8 jam pemakaian yang standar (jalan-jalan di mall dan outdoor), cushion belum bergeser sama sekali dari mukaku. Selain tidak bergeser, produk juga belum terlihat cakey malah aku melihat jadi semakin flawless. Akan tetapi hanya dari 3 jam pemakaian, daerah T-Zone aku sudah berminyak, sehingga menurut aku untuk oil control nya agak kurang. Mungkin untuk kulit yang cenderung kering, cushion ini akan memiliki ketahanan yang lebih lama.

 

Jadi Beli Nggak Ya?

Kalau kalian nyari cushion yang enteng dan bisa dipakai sehari-hari, menurut aku cushion ini kurang cocok untuk kalian karena cushion ini bener-bener jadi ngebuat kalian keliatan makeup berat. Nah jika kalian pencinta memakai dempulan yang tebal, maka menurut aku cushion ini cocok untuk kalian. Harga dari cushion ini juga bisa dibilang relatif murah jika dibandingkan dengan harga cushion lainnya. Kalian hanya perlu mengeluarkan harga Rp300.000 untuk satu produk ini tetapi tidak dengan refill (NYX juga belum menjual refillnya). Kalian juga dapat membelinya langsung di counter NYX yang ada di Kota Kasablanka atau Senayan City. Jika kalian tidak berada di Jakarta kalian bisa membelinya di SOGO/Metro/ official online store NYX di Shopee dan Lazada.

 

Plus Points:

(+) Full coverage dan enteng

(+) Baunya unik seperti kacang

(+) Untuk pemakaian standar, cushion ini cukup tahan lama.

(+) Harga cukup terjangkau dan mudah untuk didapatkan

 

Minus Points:

(-) Puff nya nggak enak, kaku dan nggak bisa menjangkau sudut-sudut wajah

(-) Range warnanya agak ngebingungin jika tidak dicoba secara langsung ketika membelinya

(-) Produk bleber-bleber dari tempatnya jadi telihat kotor

 

Rate: : ⭐ ⭐ ⭐ ⭐ 

 

 

Tagged , , , , ,

4 thoughts on “[Review] NYX Total Control Mesh Cushion Foundation

  1. Hallo kak review nya bagusa banget.. tapi aku boleh tanya ga? Itu shade yg no.8 lebih ke kuning yaa?? Krn aku beli yg no.5 natural beige dimuka ku masih keputihan..

    1. Haloo, maaf baru bales. iya kuning gitu untuk yang nomor 8. Kamu biasanya pakai yang warna apakah? Yang nomor 5 itu keputihan aja atau jadi abu-abu juga?

    1. Halo maaf baru bales. Nggak kok ga whitecast sama sekali kalo dipake malem2 dan indoor. pake flash pas foto aku juga ga masalah kemarin. Setau aku yang ninggalin whitecast kalo misalnya produk mengandung spf nya. CMIIW ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *